Stimulasi Perkembangan Bahasa (Anak Usia 2 Tahun)

Written by admin on . Posted in Rilis

Anakku cedal??? Bagaimana ???

Dalam prakteknya di kehidupan sehari-hari kita mudah menemukan anak usia 2-4 tahun yang masih cedal. Pada usia ini, anak terdengar lucu ketika mengeluarkan kata-kata cedal. Selain itu, kebanyakan orang tua maupun orang di sekitar anak tersebut meniru kata-kata anak yang cedal. Orang tua juga menggunakan bahasa cedal ketika berbicara dengan sang anak. Baikkah hal tersebut untuk perkembangan bahasa anak?

Jawabannya adalah PASTI TIDAK

Cedal dipengaruhi oleh aspek kematangan alat atau organ bicaranya. Jadi anak-anak tidak sengaja berkata cedal.

Apa dampaknya menirukan anak cedal? Atau berbicara cedal dengan anak?

Anak tidak tahu kata-kata yang benar. Anak belajar bahasa dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Ketika orang-orang berbicara, anak mendengar dan “merekamnya”. Jika anak-anak mendengar kata-kata cedal dari orang tua, anak-anakpun merekamnya dan akan menggunakannya ketika dibutuhkan. Jika stimulasi yang didapat anak adalah bahasa yang salah maka anakpun akan mengeluarkan kata-kata yang salah.

Apa yang harus dilakukan orang tua?

  • Tidak menirukan kata-kata cedal anak
  • Membenarkan kata-kata cedal anak dan meminta anak menirukannya tanpa dipaksa untuk benar karena mungkin organ bicara anak belum matang sehingga memang belum dapat mengucapkan dengan benar

Trackback from your site.

admin

This information box about the author only appears if the author has biographical information. Otherwise there is not author box shown. Follow PSDI on Twitter or read the blog.

Leave a comment